Situs Bersejarah peninggalan Portugis di Kapataran Minahasa -->

Iklan Semua Halaman

Adbox

Subscribe Us

Situs Bersejarah peninggalan Portugis di Kapataran Minahasa

Admin
Sunday, February 8, 2015

Puing peninggalan portugis di Desa Kapataran

Jika anda merunut sejarah tentang penginjilan Kristen pertama di Minahasa akan terlintas di benak anda keberadaan labuan kora kora,seperti kita ketahui Labuan Kora kora memiliki andil yang tidak sedikit  dalam  perjalanan perkembangan sejarah Minahasa.

Adalah desa Kapataran yang letaknya tidak jauh dari pelabuhan tersebut juga merupakan bagian penting  dalam Bab sejarah yang tercatat di situ. Desa yang di sebut Sebut sebagai pintu gerbang  pantai Timur untuk menuju Minahasa sudah sejak 300 tahun lamanya di huni oleh masyarakat setempat.


Bangsa Portugis  yang di kenal sebagai pelaut ulung merupakan bangsa asing pertama yang menginjakan kaki di tanah Minahasa, teridentifikasi pernah menetap serta berasimilasi di desa kapataran. hal ini bisa di lihat dari adanya berbagai situs situs bersejarah  yang berbeda beda bentuknya termasuk Makam  tua peninggalan mereka.

adapun latar belakang sehingga  mereka bisa menetap di sana di sebabkan waktu itu labuan kora kora mungkin satu satunya pelabuhan di wilayah Tondano yang tidak pernah sepi dari ramainya aktifitas berdagangan pada waktu itu,begitu banyaknya pengunjung  yang  Notabene  sebagai bangsa asing pendatang seperti mereka otomatis dengan tidak di sadarinya terjadi proses assimilasi  hal ini juga bisa di lihat dari beberapa  nama marga setempat seperti Da costa dan Hermanus