Waruga Desa Raprap Airmadidi -->

Iklan Semua Halaman

Adbox

Subscribe Us

Waruga Desa Raprap Airmadidi

Admin
Sunday, February 8, 2015



Waruga Desa Raprap Airmadidi
Raprap adalah Nama Desa bagian dari Kecamatan Airmadidi tepatnya samping desa Sarongsong.

di sana terdapat lokasi beberapa Waruga yang merupakan warisan leluhur Nenek moyang orang Tonsea salah satu Subetnik minahasa yang mendiami minahasa bagian utara.

Waruga adalah berupa Situs Sejarah warisan orang Minahasa Kuno yang di buat pada zaman Megalitikum berfungsi sebagai kuburan yang terbuat dari batu.

Adapun cara meletakan Jasad tersebut yaitu di duduki secara telungkup sebelum di bungkus daun Woka sebetulnya proses itu telah melalui tata cara Ritual pemakaman, bentuk motif ukiranya amat beragam sesuai profesi dari si Jasad.

para leluhur membentuk berbagai macam Ornamen yang kalau di selidiki secara seksama akan nampak sosok Wajah serta Tubuh manusia yang sesuai tutur kata para Tonaas di kampung sebenarnya adalah wajah mereka sendiri.

ukuran masing -masing kuburan tersebut juga bergantung pada Profesi mereka jikalau ukurannya agak besar artinya dia adalah seorang Tonaas dan kalau yang sedang adalah Rakyat biasa.

Menurut beberepa masyarakat setempat beberapa waruga di sana berasal dari luar kampung seperti Likupang yang sengaja di kumpulkan untuk di tata supaya kelihatan teratur dan gampang di rawat atas usul dari tokoh-tokoh Adat setempat.(GS)