Data Base Artefak Sejak 1993 Mulai Di Kerjakan - makatana.com

Subscribe Us

test banner

Breaking

Home Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

Jumat, 26 Februari 2021

Data Base Artefak Sejak 1993 Mulai Di Kerjakan




Manado (faktaviral.com) - Data base artefak yang dikumpulkan sejak Kantor Balai Arkeologi Sulawesi Utara (Sulut) di Manado di resmikan tahun 1993 mulai dikerjakan untuk penyelesaiannya.

“Terdapat ribuan artefak yang dikumpulkan sejak kantor ini dibuka hingga saat ini, mulai dikerjakan untuk diselesaikan data basenya,” jelas Kepala Balai Arkeologi Sulut, Wuri Handoko yang didampingi Koordinator Peneliti Balai, Irfanuddin W Marzuki kepada faktaviral.com, bertempat dikantor Balai Arkeologi, Kamis (25/2/2021).

Pengerjaan data base tersebut, sudah dimulai dengan pengantian kantong plastik pembungkus dan label artefak yang sudah rusak.

Selanjutnya, artefak yang ditemukan pada satu situs atau lokasi yang berada dalam wilayah kerja Balai yaitu, Sulut, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) dimasukan dalam 1 box plastik.

Bentuk artefak yang berjumlah ribuan tersebut, berupa serpihan alat bantu manusia, dan ekofak yakni benda sisa yang dimanfaatkan manusia untuk bahan makan seperti kerang dan tulang.

Objek penelitian arkeologi meliputi peninggalan peninggalan prasejarah islam dan kolonial seperti makam-makam tua, tulisan arab terdapat di Suluttenggo juga bangunan tua seperti benteng, goa-goa Jepang, tata kota terdapat di Tondano Minahasa dan di Gorontalo.

Temuan prasejarah lainnya berupa goa-goa hunian juga berada di Sanger Talaud; Kotamobagu (Sulut) dan Marowali; Taman Nasional (TN) Naniwartabone (Sulteng).

Ditambahkan, untuk peninggalan megalitik arca, kalamba dan batu dakon terdapat di TN Lore Lindu, Sulteng.

Kegiatan sosialisasi tetap dilaksanakan tahun 2020, untuk dinas terkait kebudayaan dan para guru di Gorontalo sekaligus penyerahan alat peraga seperti maket benteng dan banner arkelogi.

Dimasa pendemi ini, seminar dilakukan secara daring dan penelitian tetap berjalan, tahun lalu diubah desk studi atau studi literature.(mvr).-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here