Pastor Juan Antonio Meninggal Kena Tembakan Kelompok Bersenjata - makatana.com

Subscribe Us

test banner

Breaking

Home Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

Jumat, 18 Juni 2021

Pastor Juan Antonio Meninggal Kena Tembakan Kelompok Bersenjata


Meksiko  - Seorang Pastor Fransiskan meninggal dunia karena terkena tembakan dari dua kelompok yang sedang berperang. Saat itu Pastor yang bernama Juan Antonio itu sedang dalam perjanalan untuk merayakan Misa dan memberikan sakramen di daerah pedesaan Meksiko.

Daerah ini memang dikenal dengan konflik kartel narkoba yang bekepanjangan. Pastor Juan Antonio Orozco, 33 tahun, berangkat pada 12 Juni, pagi hari.

“Dia melaju ke daerah pedesaan di negara bagian Durango Barat, di mana saat itu dia memasuki konflik baku tembak dua kelompok yang bertempur di atas Durango,” kata Uskup Luiz Flores dari Tepic dalam sebuah postingannya di media sosial seperti dikutip dari Chatolic Reviw, Kamis, 17 Juni 2021.

Dalam postingan itu, Uskup juga menyertakan foto korban (Pastor Juan Antonio) yang tampak mengenakan jubah putih.

Dia tampak tergeletak di depan mobil merah. Berdasarkan identifikasi, diketahui bahwa mobill yang ia bawa telah memiliki beberapa lubang peluru.

Lubang ini diduga karena tembakan dari kelompok yang sedang berperang saat itu.

Juru bicara Ordo Friars Minor (OFM), Pastor Gilberto Hernandez mengatakan, imam yang terbunuh telah melakukan perjalanan untuk merayakan Misa di sebuah desa terpencil.

Imam Fransiskan
Pastor Oroczo adalah salah satu dari tiga imam Fransiskan yang melayani paroki Santa Lucia de la Sierra di negara bagian Zacatecas. Negara bagian ini memang dikenal sebagai daerah yang keras dan terisolasi.

Hernandez juga mengatakn bahwa tidak ada ancaman terhadap Orozco, meskipun wilayah itu memiliki masalah keamanan publik.

“Kematian Pastor Paroki kami sangat mengejutkan kami,” kata sebuah pernyataan di halaman Facebook Paroki Santa Lucia de la Sierra.

“Kami menyerukan kepada otoritas sipil untuk segera mengakhiri kekerasan dan pelecehan terhadap komunitas kami. Sekarang ada banyak korban di antara orang-orang kita dan sekarang pastor kita. Siapa selanjutnya?,” lanjut dalam postingan itu.

Kematian Pastor Juan Antonio menandai pembunuhan terbaru seorang imam di Meksiko. Setidaknya sejak tahun 2012, menurut pusat data Katolik, telah ada 29 imam yang terbunuh di Meksiko.(sahabatkatolik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here