Wagub Kandouw Resmikan DAK Fisik SMA dan SMK Tahun 2020 - makatana.com

Subscribe Us

test banner

Breaking

Home Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

Jumat, 04 Juni 2021

Wagub Kandouw Resmikan DAK Fisik SMA dan SMK Tahun 2020


Motoling  - Wakil Gubernur (Wakil Gubernur) Sulawesi Utara (Sulut), Steven O.E. Kandouw meresmikan bangunan gedung hasil pelaksaan DAK fisik bidang SMA dan SMK di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Minahasa Tenggara (Mitra), Tahun Anggaran 2020, bertempat di SMA Negeri 1 Motoling, Minsel, Rabu (2/6/2021).

Wagub Steven Kandouw memberikan apresiasi kepada segenap jajaran Dinas Pendidikan Provinsi Sulut dan segenap pihak yang telah mendukung berjalan baiknya pembangunan sarana prasarana bidang Pendidikan di Sulut.

Diingatkan Wagub Kandouw agar sarana dan prasarana yang baru diresmikan ini dapat dikelola dengan sebaik-baiknya.

“Kita harapkan bantuan ini dimanfaatkan sesuai dengan keinginan masyarakat. Dengan meningkatkan pendidikan yang mendukung Sumber Daya Manusia (SDM) angkatan kerja di Sulut,” tandasnya


Total dana bantuan yang diresmikan sebesar Rp31.376.316.899. Dengan rincian, DAK fisik SMA untuk pembangunan/rehabilitasi gedung dan pengadaan peralatan sebesar Rp 11.278.005.748. Sementara untuk SMK Rp 20.098.311.151.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, Grace Punuh dalam laporannya mengungkapkan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik yang diterima mengalami kenaikan yang sangat signifikan.

“Pada tahun 2020 yang lalu walaupun di tengah-tengah kesulitan pada masa pandemi Covid-19, DAK fisik Pendidikan Sulut naik menjadi Rp203.635.059.600 atau mengalami kenaikan hingga 99% dari tahun 2019,” jelasnya.


Menurut Kadis Punuh, terdapat beberapa perubahan mekanisme terkait DAK fisik tahun 2021, di antaranya pelaksanaan pembangunan dan/atau rehabilitasi gedung yang tadinya dilaksanakan secara swakelola, tahun ini dilaksanakan secara kontraktual melalui penyedia/kontraktor.

“Bantuan DAK ini diharapkan mendukung upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam rangka penyediaan sarana dan prasarana pendidikan Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan, yang memadai dan berkualitas sesuai dengan standar pendidikan nasional,” tambahnya.

Selanjutnya dilakukan penandatanganan Prasasti Bantuan DAK Bidang Pendidikan Tahun 2020.

Kemudian Wagub Kandouw dan para undangan memantau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas serta Vaksinasi dan Donor Darah untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Utara memenuhi ketersediaan darah bagi yang membutuhkan di beberapa Rumah Sakit di Sulut. 

Hadir pada acara ini para pejabat di Lingkup Dinas Pendidikan Daerah Sulut, para pejabat Sipil, TNI, POLRI, Kepala Sekolah, Guru-Guru SMA dan Tenaga Kesehatan PMI.(*/mvr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here