Pembinaan Moderasi Beragama Katolik Dibuka - makatana.com

Subscribe Us

test banner

Breaking

Home Top Ad

test banner

Post Top Ad

test banner

Senin, 18 April 2022

Pembinaan Moderasi Beragama Katolik Dibuka

Manado  - Kegiatan Pembinaan Moderasi Beragama Bagi Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Katolik Regio Sulawesi di Manado, dibuka Dirjen Bimas Katolik, AM Adiyarto Sumardjono, SE, MHum yang diwakili Direktur Urusan Agama Katolik, Dr Aloma Sarumaha, MA, MSi, bertempat di Quality hotel, Senin (18/4/2022).



Sambutan Dirjen yang dibacakan Direktur menekankan pentingnya moderasi beragama, salah satunya memperkuat moderasi beragama dan kerukunan umat beragama.



"Misi ini mendukung misi Presiden RI, Joko Widodo yaitu Kemajuan Budaya yang mencerminkan kepribadian bangsa", tegasnya.


Sementara Ketua Panitia FX Rudy Andrianto melaporkan, hasil yang diharapkan meningkatnya pengetahuan dan pemahaman tokoh agama dan tokoh masyarakat Katolik terkait moderasi beragama dalam kehidupan bermasyarakat.



Menurutnya, kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 18 sampai 21 April 2022, dengan tema: Transformasi Layanan Umat, dengan sub tema: Umat Katolik Toleran, Indonesia Maju.



Peserta pertemuan berjumlah 62 orang dari provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan pegawai Ditjen Bimas Katolik.

Materi dan narasumber, 1) Kebijakan Pemerintah di Bidang Bimbingan Masyarakat Katolik oleh Plt Dirjen Bimas Katolik. 2) Kebijakan Teknis Pengelolaan Urusan Agama Katolik oleh Direktur Urusan Agama.



3) Pandangan Gereja Katolik tentang Dialog dan Kerukunan Antar Umat Beragama oleh Uskup Manado, Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu, MSC. 4) Potret Kerukunan Umat Beragama pada Kanwil Kemenag Provinsi Sulut oleh Kakanwil Kemenag Sulut, H Anwar Abubakar, SAg, MPd. 5) Peran Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat dalam Membangun Kerukunan Umat Beragama oleh Ketua Komisi HAK Keuskupan Manado, RD Dr Marthinus Marcel Lintong, SS, MPd.



6) Membangun Harmoni Sosial dalam Rangka Kerukunan Umat Beragama oleh RD Antonius Benny Susetyo, 7) Manajemen Pengelolaan Umat oleh Rektor Seminari Tinggi Pineleng oleh RD Dr Melky Malingkas SS, MEd. 8) Pengelolaan Kelembagaan Agama Katolik oleh Kasubdit Kelembagaan, Drs FX Rudy Andrianto, MPd.(mvr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here