Ini dia aksi criminal di DarkWeb -->

Iklan Semua Halaman

Adbox

Subscribe Us

Ini dia aksi criminal di DarkWeb

Admin
Saturday, June 11, 2022

 



Dewasa ini penggunaan internet merupakan salah satu kebutuhan mendasar dari masyarakat modern,baik itu kebutuhan media informasi,perdagangan,dan masih banyak lagi manfaat positif yang di dapatkan dari internet.


Namun demikian Seiring berkembangnya teknologi, keberadaanya disalahgunakan untuk melanggengkan aksi-aksi kriminal di dunia maya.

Dark web adalah sisi gelap internet yang kerap disalahgunakan untuk melakukan tindak kejahatan atau kriminal. Mulai dari jual beli senjata, obat-obatan terlarang, pornografi, hingga perdagangan manusia. Aspek kriminal dari dark web bergantung pada teknologi anonim dan cryptocurrency untuk menyembunyikan aksinya.


Diketahui bahwa ada tiga kategori utama dalam menampilkan informasi dalam halamannya. Ketiganya adalah surface web, deep web, dan dark web. Masing-masing memiliki perbedaan signifikan dalam cara kerjanya. Jika surface web bisa diakses melalui mesin pencari, sebaliknya dark web harus diakses dengan bantuan mesin pencari khusus.


aksi kriminal yang dilakukan di dark web pada intinya memanfaatkan teknologi enkripsi dan anonimitas. Keduanya dirancang dengan maksud untuk mencegah pelacakan oleh pihak tertentu. Karena keberadaannya yang sulit dilacak, banyak pihak yang tidak menyadari kalau dark web telah menjadi rumah bagi para pelaku kriminal.


The Onion Router (TOR) atau  Tor adalah mesin pencari yang dikonfigurasi secara khusus, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan web dengan cara yang sulit atau tidak mungkin bisa dilacak.

browser TOR ini di gunakan untuk mengeluarkan alamat IP palsu. Dengan demikian identitas pengguna terjamin kerahasiaannya.


Browser TOR awalnya dikembangkan oleh US Naval Research Laboratory pada 1990-an dan dirilis ke publik pada tahun  2002. tujuan awalnya adalah untuk menyembunyikan identitas operator atau pembangkang Amerika yang mencoba berkomunikasi dengan rezim yang saat itu berkuasa.